Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Friday, January 30, 2009

Tata Cara Tayammum dan Shalat dalam Kendaraan

Berikut petunjuk cara tayamum (atau tayammum) dalam bentuk video yang sudah saya pilihkan dari sekian banyak referensi yang ada di Youtube.com. Tayammum sangat diperlukan saat berangkat haji karena jamaah Indonesia akan berada lama sekali diatas pesawat sehingga harus melakukan shalat wajib di kabin pesawat. Tidak ada cukup air untuk berwudhu, sehingga kita harus bertayammum. Biasanya di pesawat, sumber debu yang dipakai adalah punggung kursi penumpang didepan kita. Kemudian saya berikan juga link cara shalat dalam posisi duduk dalam kendaraan. Ini akan diperlukan karena jamaah haji akan shalat dengan cara yang sama dalam pesawat. Bahkan dalam keadaan tertentu, kita juga akan terpaksa shalat di bis. Pengalaman saya, kita terpaksa shalat Subuh dalam bis antara Jeddah ke Madinah (6 jam perjalanan). Semoga bermanfaat.


Ini adalah video tata cara tayammum dan hadits yang menjadi referensinya.



Berikut adalah link video tata cara shalat di kendaraan, klik disini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...