Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Sunday, February 1, 2009

Mesjid Nabawi Nan Eksotis (1)

Bagian kedua dari "pandangan mata" saya saat mengunjungi mesjid Rasulullah di kota Madinah. Semoga bisa memberi semangat bagi siapapun untuk mengunjunginya. Saya bagi dalam 2 tulisan, lihat bagian kedua.


Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab. Gambar diatas ini diambil dari depan jam besar tepat didepan pintu utama mesjid, saat mentari mulai muncul dari timur (bagian kiri mesjid). Kiblat menghadap ke selatan, arah ke kota Mekkah. Di latar depan adalah mobil polisi Madinah yang parkir siap siaga setiap saat.



Close-up dari gambar pertama, ini adalah deretan pintu utama mesjid Nabawi, lokasi dimana jamaah akan menyemut masuk saat menjelang sholat wajib.


Zoom-in dari pintu-pintu utama mesjid, pintu berlapis logam mirip emas ini (atau emas asli ya?) disebut pintu Raja Fahd. Pengerjaan detil pintu ini sangat halus dan indah sekali, klik di foto untuk melihat gambar dalam ukuran lebih besar.


Keramaian di halaman pintu utama bagian timur yang langsung berhadapan dengan makam Baqi. Gambar diambil saat lepas sholat ashar, menunggu saat maghrib tiba. Saya ambil gambar ini dari lantai 2 pelataran depan makam Baqi. Kubah besar berwarna hijau dibagian belakang adalah lokasi makam Rasulullah dan 2 sahabat. Dua menara sejajar paling kiri adalah letak jajaran shaf sholat terdepan dimana imam berada.


Keramaian selepas sholat zuhur diambil dari pelataran mesjid bagian barat. Ini adalah jalur masuk mesjid dari hotel tempat rombongan kami menginap.


Lantai 2 mesjid yang saat saya disana belum dipakai. Terlihat 2 menara yang berada persis diatas pintu utama Raja Fahd.


Salah satu sudut mesjid di lantai 2 yang menggunakan atap flip, membuka saat teduh, dan menutup saat matahari bersinar terik.


Lima kubah berjejer paling depan di lantai 2, tepat diatas pintu masuk utama. Bagian atas mesjid Nabawi ini memiliki luas sama dengan mesjid dibawahnya minus kubah-kubah besar yang tidak bisa dipakai sholat. Sebagian area di lantai atas ini dipakai sebagai perpustakaan yang dibuka siang hari saja.


Suasana malam hari selepas sholat isya' di halaman mesjid bagian selatan. Sebagian payung elektronik raksasa sudah terpasang dan dalam keadaan terbuka, sungguh indah. Ribuan manusia berkumpul di area ini seakan tak ingin pulang menikmati indahnya suasana mesjid yang tersiram ribuan watt sinar lampu yang terang benderang.


Foto ini adalah saat ribuan jamaah berdesak-desakan keluar dari pintu (saya lupa namanya) dimana makam Rasulullah dan kedua sahabat berada. Ini adalah saat selesai sholat isya. Jalur keluar pintu tersebut dibuat satu arah. Jadi bila ingin masuk dan melewati makam Rasulullah, kita harus masuk dari pintu barat dan keluar di pintu timur ini. Saat ramai seperti ini, sangat sulit untuk berlama-lama didepam makam.

Bersambung ke BAGIAN KEDUA...

12 comments:

  1. wah. bisa naik ke lantai 2 juga ya....
    kalau diberi kesempatan ke sana lagi harus dicobat nih....

    ReplyDelete
  2. Semoga anda mendapatkan haji mabrur, laisa lahul jaza' illal jannah. aaamiiiin.
    Semoga benar saya dimampukan untuk sampai ke sana. 2 kota mulia tercinta.

    ReplyDelete
  3. Subkhanallah.....moga saya juga dpt melaksanakannya.

    ReplyDelete
  4. amieen,saya dan istri sampai saat ini berniat dan berdoa mudah mudahan dapat menunaikan rukun islam yg ke 5 ini...

    ReplyDelete
  5. SUBHANALLAH,..MUDAH2N SUATU SAAT ALLOH SWT MEMANGGIL SAYA KE SANA TUK MNUNAIKAN IBADAH HAJJI. AMINN...

    ReplyDelete
  6. Ya Allah , berilah kami (saya,istri, dan anak2) kemudahan untuk menunaikan ibadah haji. Amin...

    ReplyDelete
  7. berazam,,, niat dengan sungguh2 insya Allah dengan niat yang kuat dan disertai langkah nyata, bukan hanya niat ala kadarnya, niat tanpa langkah, niat dan pasrah tanpa usaha, Biidznillah Allah akan berikan kita jalan..
    salam
    www.umrohalhabsyi.com

    ReplyDelete
  8. Dear All,

    Kami perlu jamaah untuk berangkat umrah bersama kami pada tanggal 29
    Dec '13, saat ini kami punya jamaah yang sudah pasti berangkat
    sebanyak 23 orang.

    Adapun ke unggulan perjalanan umrah ini adalah :

    1. Harga murah dengan Akomodasi hotel *4 dan menggunakan pesawat
    Saudia Airlines.

    2. Service (pelayanan)nya lebih baik dan tidak akan mengecewakan para
    jamaah yang akan menggunakan jasa perjalanan umrah ini sehingga jamaah
    umrah akan merasa nyaman dalam menunaikan ibadah umrahnya.

    3. Perjalanan umrah ini menggunakan pesawat Saudia Airlines yang
    DIRECT langsung ke Madinah sehingga jamaah umrah tidak akan kelelahan
    dalam melaksanakan ibadah umrahnya (biasanya ke Jeddah lebih dahulu,
    sedangkan perjalanan dari Jeddah ke Madinah +- 6 jam).

    4. Program CASHBACK bagi yang merekomendasikan kawan atau keluarga
    sebesar Rp. 1 jt / pax (jamaah yang pasti berangkat).

    Semoga dapat memberi hikmah untuk kita semua.

    Amin...

    Wassalam
    Mulhadi

    ReplyDelete
  9. keren akhi... numpang sedot y...semoga menjadi berkah bagi kita semua yang membacanya, terutama bagi calon jamaah haji dan umroh, dan mereka yang sedang bernostalgia dengan suasana masjid Rasulullah...
    www.safahajiumroh.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...