Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Sunday, February 1, 2009

Mesjid Nabawi Nan Eksotis (2)

Bagian kedua dari cerita foto Mesjid Nabawi di Madinah. Lihat bagian pertama dari tulisan ini.


Foto yang berhasil saya ambil diam-diam saat sholat subuh di shaf terdepan mesjid Nabawi. Mihrab dengan microphone itu adalah tempat berdirinya imam. Kita harus masuk berjam-jam sebelum mulainya sholat agar dapat tempat "VIP" seperti ini. Perhatikan bahwa ada banyak sekali jamaah Indonesia yang berada di shaf terdepan ini, ditandai dengan kopiah hitam. Persis dibelakang saya duduk, ada area yang disebut Raudah. Area super padat yang disebut sebagai "potongan kecil surga" yang ada di bumi.



Tipikal suasana santai dalam mesjid Nabawi, jamaah tidur-tiduran istirahat diatas karpet empuk nan bersih. Sebagian yang lain mengaji, ngobrol atau sholat sunat. Gambar saya ambil selesai sholat zuhur dan tampak atap mesjid terbuka yang memungkinkan cahaya mentari menorobos masuk. Atap terbuka tersebut adalah kubah raksasa yang dapat tertutup dan terbuka secara elektronis. Ada beberapa kubah semacam ini di berbagai sudut mesjid.


Suasana unik di mesjid saat sore hari, saat ratusan anak-anak kecil lokal belajar mengaji dalam beberapa kelompok yang tersebar di berbagai sudut mesjid. Saya beruntung beberapa kali bergabung dalam suasana ini. Mereka berjejer belajar mengaji dan menunggu giliran dipanggil gurunya. Sungguh suasana yang membuat hati nyaman, mengingatkan suasana di surau kecil belakang rumah saya di kota Jambi dulu saat saya juga mengaji seperti mereka.


Cerianya anak-anak Arab yang belajar mengaji. Ketika kami tes anak yang berada terdepan di foto, ternyata anak ini sungguh luar biasa hafalannya. Dia yang masih kelas 2 atau 3 SD ini ternyata hafal diluar kepala juz Amma, dengan bacaan yang bersih dan sempurna...


Sebuah sudut di mesjid yang memiliki atap terbuka, namun diberi payung elektronik raksasa. Payung terbuka saat panas terik matahari.


Perlahan payung menutup saat selesai sholat zuhur.


Payung menutup sempurna, tinggallah tonggak-tonggak ini dengan latar belakang langit biru bersih tanpa awan.


Menara mesjid yang berada di dekat makam Rasulullah, saya ambil di malam hari dengan cahaya lampu yang indah dan terang benderang.

Lihat BAGIAN PERTAMA dari tulisan ini...

3 comments:

  1. ya memang bagus banget .... alhamdulilah saya sudah menikmati pemandangan yang indah penuh berkah ini saat melaksakan umroh tahun 2008 yang lalu .. kerinduan ingin selalu kembali mengunjungi Nabawi yang indah ini... inshalallah

    ReplyDelete
  2. subhanallah....saya sungguh rindu bisa kesini kembali.....

    ReplyDelete
  3. subhanalloh... sungguh aku ingin sekali segera mengunjunginya! semoga...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...