Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Sunday, September 23, 2012

Mobil-Mobil Mewah di Tanah Suci

Salah satu pemandangan menarik selama di tanah suci adalah mobil-mobil yang berseliweran di jalan-jalan. Sebagai negeri kaya, maka kita akan menemukan begitu banyak mobil-mobil mahal nan mewah disana. Sebagian besar adalah mobil-mobil dengan CC besar dan berjenis SUV. Tapi banyak juga kita temukan mobil-mobil tua yang tak terawat tetap ada di jalan, mereka tidak peduli dengan konsumsi BBM yang boros karena semuanya gratis. Juga menarik melihat mobil-mobil perusahaan atau dinas dengan peruntukan khusus yang unik-unik. Anehnya, hampir semua pengendara disana tergolong kasar dan sembarangan, Serempetan adalah hal biasa, teriak-teriak di jalan bertengkar juga tampaknya lumrah karena karakter orang Arab yang panas dan keras. Berikut beberapa jepretan iseng saya selama di tanah suci.










1 comment:

  1. Izin menambahkan laporan haji dan umroh

    http://www.dahlandahi.com/2012/11/laporan-haji-berbagai-jalan-ke-rumah.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...