Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Thursday, July 23, 2015

Salah Satu Berkas Qur'an Tertua Ditemukan di Birmingham

Catatan diatas perkamen (media mirip kertas yang dibuat dari kulit hewan yang dikeringkan) berisi ayat-ayat Qur'an surah ke-18 hingga 20 ditemukan di sebuah perpustakaan Universitas Birmingham, UK. Umurnya lebih dari 1500 tahun setelah dilakukan analisis radiokarbon, tepatnya ditulis di sekitar tahun 572-632 (dengan tingkat akurasi 95,4%). Artinya, perkamen ini diyakini ditulis beberapa tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW. Seperti kita ketahui bersama, pada saat hidupnya, Nabi Muhammad SAW tidak melakukan pengarsipan lengkap Quran secara tertulis, semua terekam di kepala para hafiz dan beberapa dicatat terpisah-pisah. Baru pada saat Khalifah pertama Abu Bakar program pengumpulan Quran dimulai dan selesai pada saat Khalifah ketiga Usman.

Foto: The Wall Street Journal


Kita semua percaya 100% bahwa Qur'an yang ada saat ini sama persis dengan versi yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Dokumen perkamen terbaru ini membuktikan hal tersebut. Para ahli menyebutkan bahwa isi dalam perkamen yang baru ditemukan ini sama (atau dengan bahasa ahli "very similar" dan "very close") dengan Quran yang tercetak resmi saat ini di seluruh dunia. Subhanallah.

Berikut video resmi dari Universitas Birmingham berkenaan dengan penemuan sangat penting ini. Juga baca berita resminya di situs-situs berita top dunia yaitu The Guardian, The Wall Street Journal, dan laporan lengkap di situs The Muslim News. Lihat juga foto-foto yang kami kumpulkan dari WSJ, Al-Jazeera, Fox News, dan Live Science.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...