Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Monday, January 5, 2009

Masjidil Haram Under Construction

Pemandangan yang cukup mengganggu di Masjidil Haram selama musim haji tahun ini adalah karena banyaknya kegiatan konstruksi bangunan didalam dan sekitarnya. Tak terhitung lagi jumlah crane tower yang ada dan menghiasi setiap sudut pandangan di sekitar mesjid suci ini. Kegiatan yang paling aktif dilakukan adalah upaya mengejar selesainya bangunan tingkat ketiga dari pe-sa'i-an. Beberapa hari menjelang wukuf, lantai 3 sa'i berhasil dibuka dan bisa dipakai jamaah haji tahun ini, namun masih dalam kondisi belum 100% tuntas.




Tempat paling crowded dengan kegianan ini ada di sekitar Marwa di ujung pe-sa'i-an. Lucu juga menyaksikan jamaah sibuk ber-tahalul diantara debu konstruksi.

Tampaknya, kegiatan konstruksi disekitar Masjidil Haram ini akan terus berlangsung beberapa tahun kedepan. Lahan beberapa hektar (termasuk bekas areal Pasar Seng) yang sudah dibebaskan baru sampai pada tahap pematangan lahan dan sebagian baru sampai pada tahap pelapisan batu koral. Areal sangat luas ini kabarnya akan dijadikan lokasi perluasan pelataran Masjidil Haram. Bisa dibayangkan betapa sibuknya proses konstruksi di hari-hari mendatang.







Hal utama yang harus disiapkan jamaah haji kita yang berada di lokasi seperti ini adalah untuk selalu berhati-hati. Hampir tidak ada pembatas yang jelas antara areal bahaya dengan areal aman. Kendaraan konstruksi berat maupun kecil seakan menyatu melakukan kegiatan dengan ramainya jamaah yang beribadah. Hindarilah melakukan ibadah atau lalu-lalang disekitar area seperti ini, masih banyak lokasi lain di Masjidil Haram yang bersih dari kegiatan konstruksi.

Kemudian, siapkanlah masker yang baik, yaitu masker yang memiliki bahan yang memang sesuai standar, nyaman dipakai (tidak mengakibatkan iritasi pada wajah/kepala) serta memiliki tali/karet yang gampang dibuka dan dipasang lagi. Siapkan 2-3 buah di tas anda.

Pakailah masker ketika berada di daerah yang berdebu akibat kegiatan konstruksi, pakai juga ketika anda berada di lokasi-lokasi yang tanahnya berdebu atau hanya berlapis batu koral. Campuran debu dan udara super kering dengan sangat mudah akan mengakibatkan radang saluran pernapasan. Jika ini terjadi, dijamin akan mengganggu kekhusyukan anda beribadah.

Masker juga sangat membantu ketika kita sujud dan menempelkan ujung hidung kita ke lantai walaupun kita memakai sajadah. Untuk Masjidil Haram, disarankan membawa sajadah bersih setiap saat, baik untuk sholat maupun sekedar pelapis saat duduk atau berbaring. Tidak ada tempat yang menggunakan karpet disini, tidak seperti di Masjid Nabawi yang seluruh mesjid dilapisi permadani.

Sebagian jamaah juga selalu menggunakan masker untuk melindungi diri dari virus-virus yang beterbangan di udara. Bayangkan saat anda sholat dan disamping anda berdiri seseorang yang sakit batuk parah dan terus terbatuk-batuk selama berada di sisi anda. Masker akan membuat anda merasa aman.

Kegiatan konstruksi aktif lain yang terus berlangsung selama musim haji kali ini adalah pembangunan beberapa bangunan di sekitar areal Ajyad terutama pembangunan kompleks pencakar langit Hotel Zam-Zam. Lokasi-lokasi ini adalah tempat lewat sehari-hari jamaah Indonesia untuk menuju terminal bis.





Karena banyaknya crane di sekitar Ka'bah, maka hampir semua foto yang diambil jamaah biasanya selalu dihiasi gambar tower-tower crane konstruksi di latar belakangnya.

1 comment:

  1. Great work, my friend, great!
    Congratulations!!! Have a nice week.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...