Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Friday, January 9, 2009

Telepon Seluler di Arab Saudi

Komunikasi seluler di tanah suci sudah sangat baik dan bisa diandalkan. Ada 2 pilihan yang paling banyak dipakai jamaah haji Indonesia yaitu (1) roaming internasional nomor kita yang dibawa dari tanah air dan (2) tukar SIM card kita dengan nomor baru dari operator di Arab Saudi. Dari kedua pilihan tersebut, terbukti jauh lebih mudah prosedur dan jauh lebih murah pula biaya komunikasinya menggunakan nomor baru dari operator lokal disana, seperti yang juga saya lakukan sendiri.

Jika tidak salah, ketiga operator GSM besar kita sudah menjalin kerjasama dengan operator di Arab Saudi sehingga nomor Telkomsel, Indosat dan XL bisa dipakai roaming kesana. Saya sendiri tidak mencobanya, namun beberapa teman memakai nomor Telkomsel yang harus di-setting untuk roaming sejak dari tanah air. Jika anda membawa pra bayar, isilah terlebih dahulu dengan pulsa yang besar, atau bisa pula diisi dari tanah air saat kita berada disana. Berdasar pengalaman, cara ini relatif jauh lebih mahal biayanya.


Nomor kita akan tetap bisa dihubungi, bila seseorang dari Indonesia call ke nomor kita, maka penelepon akan di-charge biaya call lokal, namun kita yang menerima akan di-charge biaya roaming internasional yang mahal. SMS juga gampang, baik dari Arab Saudi maupun dari kampung ke ponsel kita. Tapi dengan biaya mahal, berbeda antar operator. Silahkan cek ke operator anda masing-masing.

Pilihan kedua yang menggunakan nomor disana ternyata jauh lebih mudah dilakukan. Tidak ribet sama sekali prosedurnya, namun kita harus siap menghadapi beberapa perbedaan dalam kebiasaan yang diterapkan operator sana dibanding di tempat kita.

Tiga operator GSM besar beroperasi disana (sepengetahuan saya tidak ada CDMA) adalah Al-Jawal (atau STC), Mobily dan Zain SA. Silahkan cek website mereka langsung. Ketiganya relatif tidak banyak perbedaan baik dari kemudahan pembelian kartu perdana, pengecekan sisa pulsa, pengisian pulsa, SMS, dll. Yang banyak dipakai adalah kartu pra-bayar. Saya kurang tahu mengenai yang pasca bayar. Semua bisa dipakai dengan biaya sama dimanapun dalam wilayah Arab Saudi.

Cek website mereka dalam bahasa Inggris:
- www.stc.com.sa
- www.mobily.com.sa
- www.sa.zain.com

Dari pengalaman kami di kloter, yang paling populer di kalangan jamaah kita adalah Mobily. Starter pack relatif murah, hanya 75-80 riyal untuk nomor baru dan pulsa 70 riyal. Ini sudah "harga jalanan" di masa ramai musim haji. Al-Jawal lebih mahal, diatas 100 riyal, Zain saya tidak cek.

Penjual yang paling mudah dicari adalah justru orang-orang Indonesia sendiri yang banyak berkeliaran di sekitar hotel di Madinah dan pondokan kita di Mekkah. Jangan takut tertipu, jualan kartu perdana dan pulsa begini relatif aman. Namun bila tidak ahli, silahkan bawa teman agar pasti. isi pulsa juga sama dengan di Indonesia, pakai kartu gesek, bukan elektrik.

Ponsel bisa bawa langsung dari tanah air. Yang dipakai adalah frekuensi GSM yang sama dengan di Indonesia. Sehingga ponsel kelas bawah yang kita bawa dari Indonesia pun bisa dipakai, tidak perlu yang mahal 2 atau 3 band frekuensi. Mau beli ponsel baru disana pun tidak ada masalah. Saya cek harga disana mirip dengan di tanah air.

Masing-masing operator memakai kode-kode yang berbeda untuk periksa pulsa, isi pulsa, dll, jadi cek dulu ke penjualnya, catat karena bila lupa repot.

Satuan isi pulsa juga variatif, ada 10 riyal, 20 hingga 100 riyal. Penjual juga banyak sekali, namun tidak sebanyak di tanah air.

Jika pergi ke Mina dan Arafah, belilah pulsa yang cukup dari Mekkah atau Madinah. Pulsa di Mina mahal, penjualnya juga sangat terbatas. Di Arafah tidak ada yang jual. Namun biasanya ada petugas haji yang nyambi jualan pulsa, tanya saja.

Gambaran biaya (kasar) memakai Mobily:
- SMS antar nomor lokal di Arab Saudi 0.25 riyal
- SMS ke nomor mana saja di tanah air (dan negara lain) 0.5 riyal
- call ke nomor di tanah air sekitar 5 riyal untuk 10 menit (kemungkinan berbeda untuk daerah yang berbeda)

Dengan kemudahan teknologi seluler ini, insya Allah anda bisa tetap menjaga hablum minannaas dengan sanak keluarga di tanah air secara mudah dan juga melancarkan komunikasi sesama jamaah selama di tanah suci.

2 comments:

  1. terus, apakah bisa dipake browsing juga?

    ReplyDelete
  2. pake Zain SA bisa browsing... bahkan bisa chattingan jd komunikasi bs lebih murah, tinggal settingan HP diaktifin Zain WAP plus install Aplikasi web&chat Java ato Symbian di HP.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...