Suasana Padang Arafah

Persis maghrib kami tiba di Arafah dan turun dari bis masuk ke area perkemahan kloter kami. Padang Arafah sudah bukan padang pasir luas tak berpohon lagi. Arafah masa kini sudah banyak ditumbuhi pohon dan begitu indah terutama saat kami sampai di lokasi.

Suasana Masjidil Haram

Selama menunaikan ibadah haji, ada banyak waktu yang dihabiskan jamaah haji Indonesia di Masjidil Haram di kota Mekkah. Sekitar 2/3 waktu dari total 40 hari perjalanan haji dihabiskan di kota Mekkah, dan waktu terbanyak umumnya dihabiskan di Masjidil Haram.

Masjid Nabawi Nan Eksotis

Salah satu waktu paling eksotis berada di mesjid ini adalah saat lepas sholat subuh. Saat matahari menjelang muncul di cakrawala, ketika ribuan jamaah bersantai di sekitar mesjid menikmati teh susu panas dan sepotong roti kebab.

Pondokan dan Transportasi

Bagi jamaah haji Indonesia, ibadah tahun 2008 ini ditandai dengan jauhnya lokasi pondokan di kota Mekkah dari Masjidil Haram. Pada saat mengetahui informasi tersebut, saya sudah langsung bersiap untuk realistis menghadapi keadaan yang akan timbul di Mekkah.

Hikmah Ziarah ke Makam Baqi

Disamping Mesjid Nabawi terdapat makam Baqi, suatu kompleks kuburan yang cukup luas dan berada di tengah kota Madinah. Saya dan teman-teman sempat berziarah dan berkeliling dalam areal makam. Pekuburan ini sangat berbeda dari kuburan muslimin di negeri kita.

Baca Laporan Khusus PTN Favorit di SNMPTN dari AtigaMedia.com. Berguna untuk para calon mahasiswa sebelum menentukan pilihan jurusan di PTN, juga untuk para pengelola PTS dalam membaca "selera pasar" jurusan di negeri ini.

Monday, March 9, 2009

Foto Suasana Masjidil Haram (3)

Bagian ketiga dari tulisan tentang suasana Masjidil Haram. Lihat bagian pertama dan kedua.


Pelataran luar mesjid bagian belakang. Di latar belakang tampak pemandangan unik nan eksotis khas kota Mekkah yang berbukit-bukit dengan gaya rumah kotak-kotak. Rumah terbawah di bagian tengah yang agak lebar adalah rumah kelahiran Rasulullah SAW. Di latar belakang tampak rombongan jamaah haji Afrika yang besar dan tegap, berjalan bak legiun tentara Romawi.



Gedung baru pe-sa'i-an dari bagian luar, sangat megah dan panjang, sekitar 700 m dari Safa (kiri) ke Marwah (ujung kanan). Saat saya disana, sedang dalam konstruksi, namun sudah bisa dipakai untuk sa'i dan sholat.


Tampak jamaah lalu-lalang dipinggir pembatas area konstruksi dan kerumunan para pekerja. Kegiatan konstruksi ini juga jadi bahan tontonan yang menarik karena memang dikerjakan dalam skala besar dan melibatkan peralatan canggih.


Tembok masif di sebelah kiri adalah batas mesjid dengan kawasan disebelah atasnya yaitu istana Raja Arab Saudi. Gedung bertingkat di belakang mesjid adalah Hotel Zamzam. Masjidil Haram tampak megah di bagian kanan, disitulah letak bukit Safa yang sudah ditutup dan dimasukkan kedalam kawasan mesjid.


Perbukitan padat rumah di bagian belakang Masjidil Haram. Pagar besi dan merah adalah batas area mesjid. Beberapa terowongan digali menerobos bukit-bukit itu untuk jalan akses keluar kawasan Masjidil haram.


Tempat minum air zamzam yang terletak di bagian pagar terluar mesjid. Lokasi ini biasanya dipakai untuk mengambil air zam-zam dalam jumlah banyak oleh para jamaah. Air dan kebersihan terus terjaga karena "dikawal" 24 jam oleh para pekerja asalah India, Bangladesh dan sesbagian kecil pekerja Indonesia. Seluruh pekerja memakai seragam bertuliskan nama perusahaan Bin Ladin Group (termasuk pekerja proyek konstruksi). Ada hubungan dengan teroris Osama Bin Laden? Wallahualam...

Lihat bagian satu dan dua dari tulisan ini.

Lihat juga photo story lain mengenai Masjid Nabawi di Madinah.

1 comment:

  1. tahun ini, konstruksi bangunan masa'i sudah jadi mas, jadi sai bisa di lantai 1,2 dan 3...

    hotel grand zam2 walaupun msh dlm masa konstruksi tapi sudah bisa ditempati..... walau kudu sabar nungguin lift nya...

    o ya, Bin Ladin Group kan memang milik keluarga Osama Bin Ladin.......

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...